homegallerycakescupcakescookiesflavourhowtoorderpricelist

Minggu, 27 Juni 2010

Kilas Balik : Awal cerita... :)

Bermula dari keinginan untuk membuat sendiri cake ultah untuk mama, tahun 2007 aku nekad membuat black forest sendiri... lhaa, ko jadi.. xixixi.. asli surprised banget waktu itu.. Tp sayang krn belum aware dengan ono ini perbakingan, aku ga foto cakenya secara khusus waktu itu, krn waktu itu pun ga ada perayaan apa2, niatnya datang ama hubby tercinta dengan membawa cake ultah...

Yang pasti waktu itu aku sudah mulai mengenal NCC - milis kuliner yang ga ada duanya deh, didirikan oleh Ibu Fatmah Bahalwan yang baiik n ga pelit ilmu..

Penampakan fotonya aku ganti dengan Resep Black Forest beliau aja ya, gini ni :

Resep Black Forest
By Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan :

* 8 btr Telur (ukuran sedang)
* 60 gr coklat bubuk
* 40 gr maizena + 1 sdt BP
* 125gr terigu Segitiga Biru
* 1 sdm emulsifier (aku selalu pake TBM)
* 100 gr mentega - (aku pake Blue Band - trs lelehkan.. sampai setengah leleh aja, langsung matikan apinya).
* 200 gr gula pasir - (aku pakai Gulaku hijau)
* ¼ sdt vanillie
* 1 sdm Pasta BF
* 1 sdm rhum bakar - (aku ga pakai)
* 500 gr Butter cream atau whipped cream - (aku pakai Wippy Haan)
* 100 gr dark cooking chocolate
* 10 bh cherry merah
* 1 klg cherry hitam, saring pisahkan airnya. Airnya dipakai untuk siram cake ditambah 1 sdm rhum BF/Kiersch

Cara membuat :

1. Campur terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata.
2. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental, masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata, masukkan mentega leleh + 1 sdm pasta BF, aduk rata.
3. Tuang dalam 3 buah loyang kotak, 22 x 22 cm, oven hingga matang,(kira2 15 menit) dinginkan.
4. Potong melintang menjadi tiga bagian, basahi dengan simple sirup.
5. Letakkan satu lapis cake, oles dengan campuran cherry hitam, lalu oles dengan butter krim diatasnya, tumpuk diatasnya lapisan kedua oles dan beri campuran cherry hitam dank butter krim lagi, tumpuk lagi lapisan teratas, rapikan.
6. Oles seluruh cake tadi dengan butter krim, hias dengan dark cooking chocolate serut hingga tertutup semua.
7. Semprotkan butter krim, hias dengan cherry merah.

Cara membuat campuran cherry hitam :

1. Saring dan pisahkan cherry hitam dari airnya
2. Potong 2 cherry hitam
3. Panaskan air cherry hitam sampai mendidih, masukkan larutan maizena dan kayu manis, masak lagi sampai mendidih
4. Masukkan potongan cherry hitam, masak sampai mendidih lagi
5. Angkat dari api dan dinginkan

Menurut aku step2 yang paling penting pada pembuatan sponge cake itu kurleb :

- Pengocokan telur dengan gula :
aku memakai hand mixer Phillips jadul (tapi kuat smp sekarang lo.. ah-mah-zing.. xixi).. nah, campuran telur dan gula aku anggap cukup kalau sudah mengembang 2x lipatnya, putih kekuningan dikit, kalau kaki mikser diangkat dari adonan, adonan yang menempel pada kaki mikser yang jatuh akan meninggalkan jejak dulu sebelum larut lagi.. begitu deh pemahaman sederhana aku.. xixi

- Pelelehan mentega :
aku selalu gunakan api kecil aja, dan matikan segera kalau mentega sudah setengah meleleh, biarkan sisanya meleleh sendiri tanpa dipanaskan. Soalnya pengalamanku, pernah kelamaan lelehin mentega, jadinya menteganya cair banget, seperti sudah kehilangan lemaknya.

- Aduk balik lelehan mentega pada adonan telur - gula :
proses ini selalu aku usahakan tidak terlalu banyak adukannya dan tidak terlalu lama, yang pasti aku selalu gunakan sendok karet, supaya bisa mencapai dasar baskom, dan mentega tidak ada yang tertinggal... Aku selalu mengaduk ini dengan gerakan ringan2 aja...

Oke deee, moga berguna yah... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar